Trik Jualan Online di Marketplace Banjir Orderan Berkali-Kali

Saya ada cerita mengenai bisnis online. Sekarang bisnis online sudah semakin familiar di kehidupan kita semua. Bukan tanpa alasan, semua pasti tahu kalau saya menyebutkan kata Bukalapak atau Tokopedia. Pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Orang-orang sekarang mulai gemar melakukan belanja online daripada belanja secara konvensional di pasar yang nyata. Apa alasannya? tentu saja bukan tanpa alasan mereka melakukan itu semua. Berbagai keuntungan mereka dapat ketika memilih berbelanja secara online, diantaranya menghemat tenaga dan waktu, menghemat ongkos transport, praktis, tidak perlu datang ke pasar secara lanngsung, barang akan datang sendiri dan kita tinggal duduk manis saja dirumah menunggu barang yang kita pesan tiba. Juga masih ada keuntungan keuntungan yang lainnya.

Dengan kebiasaan masyarakat yang gemar berbelanja secara online ini akan membuka ide bisnis baru bagi yang jeli melihatnya. Mereka yang jeli akan melihat ini sebagai suatu keuntungan yang bisa dijadikan ladang bisnis untuk meraup keuntungan sebanyak banyaknya. Tentu ini bisa dimanfaatkan bagi mereka yang jeli dengan menjual barang barang yang ada di toko atau pasar secara online di marketplace toko online. Wah ternyata ini bisa dimanfaatkan kan? Ayo makanya segera manfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis anda sendiri di marketplace toko online.


Memulai berjualan secara online sebenarnya gampang gampang susah. Mudahnya yaitu kita tinggal upload foto lalu pasang deskripsi dan harga sudah selesai tinggal di publish. Sulitnya yaitu saat kita sudah mempublish barang banyak sekali tapi tak ada satupun pembeli yang datang ke toko kita untuk membeli namun toko orang lain ramai yang beli dan banyak yang ngasih testimoni puas terhadap barang yang telah dibeli, pasti ngenes rasanya kaya kita lagi nunggu cewek tapi si cewek malah larinya ke yang lain, mau ditembak eh sudah ditembak duluan. Tapi mau bagaimana lagi ini ada ujian bagi seorang pemula. Memang ada saja ujiannya untuk memulai sesuatu.

Saya ada tip dari seorang teman di Facebook nama akunnya Marco StochRsi yang memberikan kiat-kiat cara berjualan di marketplace toko online yang telah dia buktikan sendiri. Saya belum mencobanya namun saya rasa tip ini perlu dicoba sebagai salah satu cara berjualan online agar bisa survive nantinya.

Ini ceritanya :
Teman-teman ingin jualan produk yang boom di pasaran? tetapi tidak tahu cara analisanya? Kebanyakan dropshiper sibuk untuk mencari cara analisa produk yang laku di pasaran tanya di grup dan kebanyakan temen di group yang tahu caranya masih merahasiakan karena merasa itu salah satu rahasia dapur mereka. Mau ikutan training atau seminar kom biayanya relatif mahal . Coba coba cari sendiri ngga ketemu-ketemu juga. Sehingga pusing akhirnya malah tidak segera mulai jualan.

Di post ini saya akan share pengalaman saya berjualan online menggunakan sebuah software sebagai alat bantu.
Perlu saya sampaikan bahwa menggunakan software untuk membuka ratusan toko dengan ribuan produk tidak akan membuat toko anda berkembang, yang ada anda akan lelah dan banyak energi terbuang tanpa hasil yang maksimal.

Software itu hanyalah sebuah alat bantu untuk membangun sebuah bisnis anda yang dalam hal ini adalah toko online. Setelah toko anda terbangun dan berjalan , toko anda sudah tidak memerlukan lagi yang namanya software. Ibarat seorang yang belajar berenang butuh pelampung jika sudah bisa ketemu teknik berenangnya ,ya dilepas itu pelampungnya , jika ngga mau lepas pelampung ya selamanya ngga nambah pinter berenang. Walaupun pertama kali lepas pelampung pasti kita seringkali kita mengalami tenggelam dan minum air.

Oke segera saja bagaimana caranya ?

1. Buka 2 buah akun toko
Toko A. untuk research
Toko B. Toko yang akan kita kembangkan secara serius

2. Toko A silakan experiment cari supplier yang bagus dan produk yang sekiranya anda tau produk knowledgenya sehingga tidak perlu dikit dikit tanya supplier , sehingga anda dapat respons dengan cepat diskusi tanpa tanya dulu ke supplier. lalu upload produknya.

Catatan:
- Produk bisa dicampur dengan supplier lain asal jangan yang sejenis untuk menghindari satu order beberapa barang dengan supplier yang berbeda (Nombok ongkos kirim)
- Cari Produk yang harganya murah karena dalam tahap ini kita baru nyari reputasi bukan profit minded
- Jual dengan harga pasaran.
- Ganti judul di tiap produk.
ini sebenarnya riset keyword secara gampangnya itu dapat kita lakukan tanpa bantuan software apapun. Caranya tutup judul produknya lalu anda lihat gambar produknya. lalu berimajinasilah jika anda dikasih foto produk tersebut dan harus menemukannya di google , kata kunci apa yang akan anda ketikan di google, itulah keywordnya. Tetapi keyword tersebut adalah keyword umum dan pastinya sudah banyak kompetitor yang pake dan test di marketplace dengan keyword tersebut.

Apakah anda punya kelebihan yang membuat pembeli tertarik memilih produk anda. Jika tidak bisa coba dengan keyword lain yang lebih spesifik.

3. Dari penjualan di toko A Anda bisa analisa produk yang laku dan produk yang jarang laku bahkan tidak laku. Produk yang laku tersebut pindahkan di Toko B . Lakukan kembali optimasi judul produk , optimasi foto dan optimasi deskripsi. Lakukan itu sehingga toko B ini nanti akan menjadi toko yang berisi produk pilihan yang laku di pasaran.

Catatan : Jika sudah terjadi banyak transaksi ulasan positif dan jumlah dilihat, itu berarti selling point untuk produk tersebut yang berarti anda bisa secara bertahap untuk menaikkan profit dalam jumlah wajar.

Seiring berjalannya waktu anda akan ketemu sendiri produk produk yang laku untuk anda tanpa harus riset produk yang boom, karena anda tahu produk yang boom sekalipun belum tentu itu cocok untuk anda .Dan produk boom sekalipun jika konfigurasinya tidak cocok juga tidak akan menghasilkan order.


Semuanya ada kaitannya, contoh : misalnya produk yang boom printer coffemaker untuk cetak foto di minuman kopi latte. harga produk 25 juta rupiah. Sebenarnya ini produk margin besar untungnya besar sekali dapat fantastis dan bisa di post untuk show off . Tetapi jika toko Anda belum ada reputasi apakah orang mau beli dengan harga lebih mahal jika toko anda baru buka transaksi satu dua dan barang tersebut juga belum ada ulasan. Dan siapkah anda ketika di tanya masalah teknisnya , karena rata rata untuk produk seperti itu mereka lebih memilih telepon untuk konsultasi. Jika Anda menghindar maka bisa dipastikan customer akan berkurang respectnya.

Catatan: hindari menjual barang dengan profit terlalu besar tanpa memberikan benefit dan hanya mengambil keuntungan dari ketidaktahuan pembeli. Itu tidak membawa berkah karena suatu saat pembeli tersebut tau harga pasaran dari barang tersebut mereka akan kecewa.

Saya cerita sedikit : seorang ibu ingin buka warung sosis bakar lalu dia mengajukan kredit lunak di bank, dan dia ingin beli pemanggang tanpa asap yang sekarang sering digunakan tukang sosis, setelah mencari di kotanya tidak menemukan kompor pemanggang tersebut dia akhirnya membeli online karena awam dalam berbelanja di online shop akhirnya dia berhasil membeli produk tersebut dengan harga dua kali lebih mahal. suatu saat saat dia bertemu pedagang sosis yang kebetulan pakai kompor yang sama seperti yang dibeli online tersubut dan tanya harganya ternyata hanya separuhnya . Bagaimana perasaan anda jika di posisi Ibu tersebut? Uang yang digunakan bukan uang hasil kelebihannya tetapi uang dari kekurangannya (pinjaman)

Lalu bagaimana dengan air mineral yang harga 3000 rupiah dijual di hotel atau restoran mewah dijual 20.000 rupiah?
Itu beda kasus , pembeli air mineral di hotel / restoran mewah mengetahui harga pasaran dari air mineral dan mereka beli karena ada benefit atau memang harga tersebut bagi mereka tidak masalah .
Saya akan beri contoh jual produk ambil profit sesuka hati tapi tidak membuat kecewa pembeli atau dengan kata lain tidak ambil keuntungan dari ketidaktahuan pembeli.
Misalnya Anda dropship nomor perdana cantik misalnya itu anda modal 200.000 rupiah mau dijual berapapun tidak jadi masalah karena pembeli tahu harga pasaran nomor perdana berapa. Yang mereka beli adalah benefitnya dan bukan harganya.

Sementara ini dulu share dari saya mengenai menggunakan software yang bijak . Strategi ini hanya sebagian kecil saja masih banyak strategi strategi lain yang harus dikombinasi agar hasil yang didapat dari berjualan online bisa maksimal .
Seperti yang Om Abd Burhan Yusuf katakan bahwa jadikan share / memberi adalah suatu kebutuhan . Dalam hal ini saya coba share ilmu yang saya dapat dari pengalaman pribadi untuk teman-teman mudah mudahan menjadi berkat dan bermanfaat bagi teman-teman semua.

Saya lebih menghargai teman teman yang dapat share tips/trick/strategi berjualan online apapun itu sesederhana apapun itu di kolom comment daripada sekedar ucapan pujian.

Begitulah tips berjualan online dengan menggunakan mindset yang modern dan semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Sebenarnya saya sendiri belum pernah berjualan di marketplace toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee atau yang lainnya tapi lewat post ini saya hanya sekadar ingin membagikan cerita yang bisa mengubah mindset bagi yang mencari uang lewat berjualan di toko online.