Lima Perkara yang Akan Dimintai Pertanggungjawaban di Akhirat Kelak


Katamotivasiku - Pernahkah kita melakukan kesalahan yang fatal? saya fikir semua manusia didunia ini pastilah pernah melakukan. Tidak masalah besar tidak masalah kecil, dua duanya pasti ada. Hidup di dunia tidak akan terlepas dari yang namanya masalah hidup. Karena masalah datang bukan untuk menguatkan, melainkan masalah datang untuk menguatkan setiap insan yang didatanginya.

Terkadang saya sendiri sangat benci saat ada masalah yang datang. Tak jarang masalah tersebut begitu berat untuk dihadapi. Pernah berfikir mau nyerah sampai disini saja. Rasanya frustasi sekali sampai sampai makan pun malas, mau aktivitas pun malas.

Namun tingkat kesabaran setiap orang tidaklah sama. Ada orang punya ribuan masalah tapi dia masih saja sabar dan bisa tersenyum, ada juga orang yang baru punya 1 masalah dan merasa masalahnya tersebut sangatlah berat dan ia merasa tak sanggup ada pada masalah tersebut.

Pernah merasa tidak berguna

Saya pun pernah seperti itu. Saya pernah merasa bahwa hidup ini tidak adil. Saya pernah merasa bahwa Tuhan tidak sayang dengan saya. Apakah benar Tuhan tidak sayang dengan saya sehingga saya banyak mengalami masalah hidup seperti ini ya?

Contohnya saja saat saya gagal dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi atau SBMPTN. Waktu itu saya down kaya mau m4ti rasanya. Mau ngapa ngapain tidak enak. Mau tidur tidak enak sampai sampai saya pernah nungguin ngantuk sampai ketiduran. Bayangkan saja betapa beratnya masalah itu.

Tetap dalam batas wajar
Tapi walaupun saya punya banyak masalah tidak lantas melakukan perbuatan yang dilarang agama sebagai pelampiasan. Saya tahu dan sadar bahwa itu tidaklah baik tetap dalam batas wajar. Kalau perbuatan yang tidak baik kelak si akhirat bakal dimintai pertanggungkawaban oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Jadi saya harap pembaca blog ini jangan sampai terjerumus kedalam lembah hitam bujukan syaitan. Bahwa syaitan adalah musuh yang nyata bagi kita didunia.

Berusaha selalu mengingat Allah
Semoga kita tidak masuk dalam jerat tipu dayanya.
Membahas masalah hidup pasti masih berkaitan dengan anak anak muda. Lho kok bisa? Iyalah anak muda cenderung meniru apa yang ada disekitarnya. Kalau ada hal yang baik ya ditiru. Juga kalau ada hal yang unik pasti juga akan ditiru meskipun itu adalah hal yang mungkin saja sudah keluar dari norma norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.Serta jangan lupa memperbanyak dzikir kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Rasulullah pernah bersabda :
"Dua kaki manusia kelak hari kiamat tidak akan bergeser sebelum dirinya mempertanggungjawabkan lima perkara : tentang usianya, untuk apa ia menghabiskannya? tentang masa mudanya, dalam hal apa ia mengisinya? tentang harta bendanya, dari mana dan dalam hal apa ia mengeluarkannya? dan apa yang ia amalkan dari ilmunya?" (H.R. Tirmidzi)

Wah, merinding bacanya. Sekarang jadi was was pas mau melakukan sesuatu hal. Takut nanti di mintai pertanggungjawaban di hari akhir. Apalagi buat anak muda nih terutama yang suka nakal nakalan. Lebih baik itu jangan dilakukan lagi lah saran saya karena tidak ada untungnya sama sekali. Lakukanlah hal yang berguna sebab hidup didunia hanya sebentar. Semoga bermanfaat!