Isu-Isu Global Dalam Pembelajaran IPS SD Mata Kuliah Perpektif Global

Isu-Isu Global Dalam Pembelajaran IPS SD Mata Kuliah Perpektif Global. Pengajaran IPS bersumber dari masyarakat yang meliputi pertumbuhan, perkembangan, dan kemajuan kehidupan termasuk segala aspek dengan permasalahannya. Dengan demikian, pengajaran IPS tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan dipermasalahkan. Materi tersebut bukan hanya apa yang terjadi hari ini, melainkan juga yang telah terjadi pada masa lampau, dan lebih jauh pada masa yang akan datang.


Ditinjau dari lingkup wilayahnya, meliputi apa yang terjadi setempat secara lokal, nasional, regional sampai ke tingkat global. Hal tersebut jadi perhatian dan lahan garapan pengajaran IPS. Kemajuan IPTEK telah membantu kita manusia “melihat” pristiwa dan permasalahan kehidupan yang secara fisik tidak ada dihadapan kita. Dengan bantuan IPTEK itu juga, kita manusia mampu menganalisis, memprediksi, dan meyakini pristiwa serta permasalahan diluar jangkauan pikiran yang melekat pada diri masing-masing.

Oleh karena itu, kita selaku guru IPS harus memperhitungkan dan mengatisipasinya. Janganlah anda puas dengan materi yang telah ada. Katakanlah jenis pakaian, “celana jeans” yang semula merupakan pakaian pengembala sapi (cowboy), para mekanik bengkel, saat ini telah menjadi mode dimana-mana termasuk di Indonesia, kenyataan yang demikian itu merupakan hal yang harus diperhatikan pada pembelajaran IPS, khususnya dalam membahas dan memberikan pengertian tentang globalisasi .

Telah kita sadari bahwa pengajaran IPS bersumber dari masyarakat yang meliputi pertumbuhan, perkembangan, kemajuan kehidupan termasuk segala aspek dengan permasalahannya. Dengan demikian, pengajaran IPS tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan dipermasalahkan. Materi tersebut bukan hanya apa yang terjadi hari ini, melainkan juga yang telah terjadi masa yang lampau, dan lebih jauh pada masa yang akan datang.

Ditinjau dari lingkup wilayahnya meliputi apa yang terjadi setempat secara local, nasional, regional sampai ke tingkat global. Hal tersebut menjadi perhatian dan lahan garapan pengajaran IPS. Perkembangan, perubahan dan kemajuan pengetahuan, kesadaran perilaku, sikap dan pemikiran manusia saat ini akan berpengaruh terhadap sikap perilaku dan tindakannya di hari-hari mendatang. Oleh karena itu selaku guru IPS harus memperhitungkan dan mengantisipasinya.

Pembelajaran IPS di tingkat SD secara terpadu harus mencakup aspek tentang isu global. Fenomena dan isu dalam kehidupan dapat berkembang menjadi masalah baru. Oleh karena itu sebagai guru IPS di tingkat SD dituntut untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada siswa agar bisa mampu menyerap informasi global, dengan mencermati masalah dan dampak negatif yang terjadi.

Selengkapnya tentang Isu-Isu Global Dalam Pembelajaran IPS SD Mata Kuliah Perpektif Global dapat diakses (DISINI).

Demikian semoga artikel yang kami tulis tentang Isu-Isu Global Dalam Pembelajaran IPS SD Mata Kuliah Perpektif Global dapat bermanfaat. Apabila ada pertanyaan atau hal yang masih dibingungkan dapat disampaikan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih telah meluangkan waktu membaca.