Sebelum Beli, Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangan Redmi 8A Pro

Embel-embel nama "Pro" biasanya disematkan pada produk ponsel dikelas harga menengah dan produk ponsel kelas atas. Hal berbeda terjadi dengan Redmi 8A Pro, sebuah ponsel di kelas harga murah atau entry-level

Spesifikasi Redmi 8A Pro


  • Layar: IPS LCD 6.22 inch 720 x 1520 piksel
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12nm)
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 2 GB dan 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori External: microSDXC
  • Kamera Belakang: 13 MP,f/2.2, (wide), 1/3.1", 1.12, PDAF + 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, 1/4", 1.12
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Redmi 8A Pro

1. Kamera yang Oke di Kelasnya


Redmi 8A Pro datang dua kamera dibagian belakang. Kedua kamera ini terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera untuk efek kedalaman 2 MP. Kamera utama 13 MP di ponsel ini hadir dengan bukaan f/2.2 dan sudah mendukung PDAF.

Hadirnya kamera efek kedalaman atau depht menjadi pembeda tersendiri antara redmi 8A Pro dan Redmi 8A. Untuk hasil kamerannya, bisa disimak contohnya berikut ini.


2. Desain yang Bagus


Redmi 8A Pro datang dengan desain dan build quality yang bagus, sama seperti saudaranya, Redmi 8A. Ponsel ini sendiri menawarkan dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm dan bobot 188 gram ini.Desainnya masih berbahan plastik yang dibangun dengan desain yang solid sehingga membuat ponsel ini tergolong oke

Tampilannya tergolong oke, mirip seperti saudaranya. Hanya saja garis desain dari Redmi 8A terasa lebih premium. Xiaomi menyebut desain ponsel ini dengan Aura X Grip Desain. Desain yang dihadirkan memang tergolong menarik. Apalagi Redmi 8a Pro datang dengan tiga model cantik, yaitu: Sea Blue, Sky White, dan Midnight Grey. 


3. Daya Tahan Baterai yang Lama


Redmi 8A Pro memiliki kapasitas baterai yang sama dengan Redmi 8A. Kapasitas baterai yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah 5.000 mAh, kapasitas baterai yang tentunya tergolong besar. Apalagi jika menilik ponsel lain di kelas harga yang sama, yang rata-rata hanya menawarkan baterai 4.000 mAh.

Karena menawarkan kapasitas baterai yang sama dengan Redmi 8A,daya tahan baterai Redmi 8A Pro tidak terlalu jauh berbeda dengan Redmi 8A. Menurut channel AD Review, daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan sampai 2 harian dengan penggunaan tes kamera, main media sosial, dan main game. Dengan penggunaan tersebut, baterainya juga masih sisa.


4. Layar yang Cerah dengan Corning Gorilla Glass 5


Redmi 8A Pro datang dengan layar IPS LCD 6,22 inci. Dimensi layar ini serupa dengan Redmi 8A. Bahkan, resolusi layar dan spesifikasi layar lainnya serupa dengan Redmi 8A, yakni 720 x 1520 piksel, rasio layar 19:9, dan kerapatan layar 270 ppi.

Layar dari Redmi 8A Pro sendiri tergolong cerah. Serupa dengan tingkat cerah yang ditawarkan oleh Redmi 8A. Hal ini karena kedua ponsel ini diklaim sama-sama menawarkan tingkat kecerahan 400 nits.

Redmi 8A Pro juga dibekali dengan peindung layar, serupa dengan Redmi 8A. Pelindung layar tersebut adalah Corning Gorilla Glass, membuat sektor layar di ponsel ini jadi satu kelebihan tersendiri.


Kekurangan Redmi 8A

Setelah mengetahui kelebihan dari Redmi 8A Pro, selanjutnya mari bahas kekurangan dari Redmi 8A Pro. Setidaknya ada tiga poin kekurangan dari Redmi 8A? Berikut rinciannya.

1. Tidak Ada LED Notifikasi


Poin mengecewakan dari Redmi 8A Pro adalah tidak adanya LED notifikasi. Fitur ini memang tergolong sederhana tetapi fitur ini merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena dengan adanya LED notifikasi, pengguna tidak perlu repot-repot membuka beranda atau menu ponsel untuk sekedar mengecek ada chat atau e-mail masuk.

2. Tidak Ada Infrared


Redmi 8A Pro adalah salah satu ponsel yang tidak mendukung infared. Padahal, banyak HP dari Xiaomi yang mendukung fitur ini. Redmi 8A juga tidak mendukung infrared dan seharusnya versi Pro ini menghadirkan fitur infrared.

3. Tidak Ada Fringerprint


Jika tidak menghadirkan fitur Infrared, alangkah bagusnya jika Redmi 8A Pro dibekali sensor sidik jari. Memang ada sensor pengenalan wajah tetapi hal ini membuat Redmi 8A Pro sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Redmi 8A.